Translate

Wednesday, April 21, 2010

Selamat Datang sebagai warga baru Denmark

Terjemahan dari Inggris ke Indonesia
Sumber: Citizen in Denmark : Information to new citizens about Danish Society
Halaman: 6 -7

Hallo, warga baru
Memulai hidup baru di suatu negara asing bukanlah hal yang mudah. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Pada saat-saat awal mau tak mau kamu akan berhadapan dengan banyak tantangan.

Buku ini akan membantumu memulai hidup barumu di Denmark dan membuat hari-harimu di sini menjadi lebih mudah. Buku ini akan memberikan garis besar mengenai kehidupan sosial di Denmark dan juga informasi yang kamu butuhkan sebagai seorang pendatang baru.

Masyarakat Denmark sebagaimana masyarakat di negara lain memiliki nilai dan aturan fundamental untuk memastikan hak-hak setiap individu warganegara terpenuhi dengan baik.

Denmark merupakan negara demokratik yang menawarkan kebebasan, tanggungjawab dan kesempatan yang sama tanpa membedakan jenis kelamin, ras, latar belakang suku budaya dan cara hidup. Setiap orang bebas untuk berpikir, berbicara, dan menulis apapun yang mereka rasakan, dan juga untuk membentuk kelompok, melakukan ibadah agama atau kepercayaan lainnya. Kebebasan pribadi dan kesamaan merupakan nilai fundamental dalam kehidupan sosial masyarakat Denmark.

Dialog merupakan hal yang penting di setiap strata kemasyarakatan di Denmark. Setiap warganegara didukung untuk terlibat dalam proses demokrasi – misalnya di setiap kantor walikota/kecamatan, partai politik, di lingkungan rumah, di organisasi atau di sekolah/ tempat penitipan anak.

Di Denmark setiap orang harus bisa menyokong dirinya sendiri dan juga dapat memberikan kontribusi ke masyarakat melalui pendidikan, pekerjaan, dan membayar pajak. Melalui sistem pajak, negara mampu memberikan manfaat dan kesempatan yang besar kepada setiap warganegara. Semua warganegara Denmark berhak mendapatkan pendidikan gratis dan juga bantuan keuangan selama menjalankan pendidikan bila diperlukan. Selain itu setiap warganegara berhak mendapatkan layanan kesehatan dan rumah sakit secara gratis, dan negara juga melindungi setiap warga negara lanjut usia dan cacat dengan memberikan layanan khusus kepada mereka setiap hari secara gratis. Warganegara yang masih mampu bekerja namun masih belum mendapatkan pekerjaan juga akan menerima bantuan konsultasi mengenai pekerjaan dan keuangan (dalam jumlah yang tidak besar) sehingga mereka dapat segera mendapatkan pekerjaan kembali.

Denmark merupakan negara maju, memiliki kondisi ekonomi yang baik, dan modern dalam kaitan dengan design, bioteknologi, lingkungan hidup dan bidang-bidang lainnya membutuhkan ketrampilan. Denmark adalah negara yang menawarkan kesempatan yang beragam kepada siapapun yang memiliki keinginan kuat untuk berperan di dalamnya.

Hal ini menjadi tantangan – tidak hanya untuk kamu sebagai pendatang, namun juga kami orang Denmark sendiri – untuk mengembangkan dan mempertahankan masyarakat yang terbuka terhadap kebebasan, kemajuan dan kesempatan yang sama. Keberagaman yang kamu dan pendatang lainnya bawa dari negaramu masing-masing dapat memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan dinamika dan inovasi masyarakat di Denmark.

Dengan harapan kamu akan aktif terlibat dalam masyarakat Denmark di mana sekarang kamu menjadi bagian di dalamnya, kami ucapkan selamat datang di Denmark. Semoga sukses dengan kehidupan barumu di Denmark.

No comments:

Post a Comment