Translate

Thursday, April 29, 2010

Les Privat Bahasa Danish

Tanpa mengantongi 'ijin tinggal sementara' (temporary resident permit) dari pemerintah Denmark, aku belum dapat mendaftarkan diri masuk ke sekolah bahasa Danish (Danish Education Programme) yang dilaksanakan secara formal oleh negara. Hingga saat ini, pihak imigrasi masih memproses ijin tinggalku, semoga bulan depan sudah ada kabar baik dari mereka.

Namun tanpa ijin tinggal bukan berarti aku hanya berdiam diri tidak melakukan apapun untuk menambah pengetahuanku tentang negara Denmark.

Blog ini salah satu bentuk niatku untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Denmark. Dengan menulis, otomatis pengetahuanku tentang Denmark akan bertambah karena aku harus membaca atau mengamati langsung lingkungan sekitarku. Aku senang bila tulisanku di blog ini dapat menjadi referensi bagi pembaca lain yang memiliki minat yang sama untuk "mengenal Denmark".

Untuk menulis hal-hal yang kuanggap menarik tentang Denmark, aku mau tak mau harus membiasakan membaca referensi-referensi terkait tentang Denmark dari internet dan perpustakaan. Terimakasih banyak untuk salah seorang kawan yang bekerja di World Bank Jakarta, dia mengirimkan banyak sekali e-book yang terkait dengan Denmark. Aku pasti akan mencari waktu untuk membacanya semua :) dan mudah-mudahan ada beberapa di antaranya yang dapat aku share di dalam blog ini.

Aku juga memiliki mimpi untuk mulai bekerja dan mencicil membuka bisnis impianku. Tentu saja, semua itu harus dimulai dengan menguasai bahasa Danish secara fasih. Alhamdulilah, salah seorang kawan dekat suamiku menawarkan diri untuk menjadi guru privat bahasa Danishku 100% Gratis :) cukup dengan bayaran makan siang dan secangkir dua cangkir kopi saja.

Hari ini adalah sesi ke-2ku belajar dengannya. Setiap minggu sekali kami berjanji bertemu. Bila tidak dia yang datang ke rumah, aku yang datang ke rumahnya. Dia guru yang baik dan sangat sabar. Dia juga memberikan referensi yang sangat banyak berupa CD dan beberapa link online-learning yang dapat aku buka secara gratis. Dia terus menyemangatiku untuk 'membiarkan bahasa ini menyatu/ internal dalam tubuhku' dengan rajin mendengar dan mencoba mengucapkannya tanpa rasa takut melakukan kesalahan pelafalan. Selanjutnya aku juga harus mencoba menulis. "Tapi semua itu akan tiba waktunya, jangan kuatir", ujarnya memotivasi.

Terus terang Bahasa Danish bukanlah bahasa yang mudah terutama untuk orang Indonesia karena mereka memiliki 3 huruf yang tidak ada dalam daftar alphabet kita seperti æ ø å yang pengucapannya cukup sulit bagi lidah Indonesia, belum lagi untuk hurup Y mereka tidak membacanya seperti kita (Ye) tapi mirip U dengan lidah bergulung di dalam mulut dan dibunyikan secara lembut. Sebagian bunyi yang dihasilkan dalam bahasa ini berasal dari dalam tenggorokan. "Banyak orang bilang Bahasa Danish mirip orang yang sakit tenggorokan dan mengulum kentang bulat-bulat di dalam mulut secara bersamaan", katanya lagi sambil tersenyum. "Atau kalau kamu kesulitan membedakan bunyi huruf-huruf aneh itu, rajin-rajinlah mendengar anjing yang sedang menyalak", candanya mencairkan suasana lagi. Bayangkan orang Denmark sendiri loh yang komentar seperti ini tentang bahasanya sendiri :D

Oya, buat teman-teman pembaca blog ini yang tertarik untuk mendapatkan link-link online 'Belajar Bahasa Danish' yang aku punya, silakan kontak aku aja ya ke kristinabudiati@gmail.com.




8 comments:

  1. mba Kris, aku mau doonk link2 online danish language, mau belajar juga :-)

    nanti aku email ya, thanks.

    ReplyDelete
  2. Nggak bosen baca tulisan tulisannya mbak Kris ^^. Tanggung jawab ya kalo aku ketagihan baca. hehe.... very inspiring!thanks for share ^^
    Mbak Kris mau tanya tanya juga ya tentang DK via Japri. Well noted dah email address nya.
    Salam buat keluarga di DK :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal mba kris...
    saya sangat ingin untuk belajar bahasa danish krna saya akan melanjutkan study disana. tolong bantu sharenya ya mba...

    thxx before

    ReplyDelete
  4. Mbak Kris...tulisannya inspiring bgt! .msh boleh minta link2nya gak? klo boleh minta tolong email ke ttncreep@yahoo.com yaa maaciih ^^

    ReplyDelete
  5. mbak kris, tulisanya inspiring banget. aku boleh minta link2nya gak? kalo boleh minta tolong kirim ke adr14n.pr4t4m4@gmail.comsaya pingin banget belajar bahasa denmark... trims...

    ReplyDelete
  6. salam mb kris, saya sedang belajar berbahasa denmark, boleh sy mnt link2nya bwt sy belajar, bs kirim ke email sy nasyiatin.reyadi@gmail.com.. terimakasih mb kris..

    ReplyDelete
  7. Selamat pagi,
    Mbak Kris yang baik hati, apakah saya boleh minta alamat email? email saya di patriciaviradhayunugroho@gmail.com
    Saya hendak bertanya untuk masuk ke universitas di Denmark. Terimakasih. Salam

    ReplyDelete