Translate

Sunday, April 11, 2010

Amber ku yang cantik

Salah satu tempat favorit kami selama tinggal di Denmark adalah rumah musim panas (strandhuset/ sommerhuset) milik mama mertua yang berlokasi di pinggir pantai Ornum tak jauh dari Kota Kalundborg. Kami seringkali menghabiskan waktu berjalan kaki menyusuri pantai, berenang (saat musim panas), atau bermain kayak seharian.

Selain itu di tempat ini yang tidak boleh ketinggalan untuk aku lakukan adalah...mencari amber!
Amber adalah fosil resin (getah dari pohon pinus) yang tersimpan di dasar laut selama kurang lebih 100 juta tahun lalu dan terangkat naik karena gerakan air laut dan tertiup angin ke pinggir pantai. Saking cantiknya amber banyak digunakan sebagai perhiasan.

Ternyata bukan hanya aku yang suka mencari amber. Beberapa orang dengan sekop sibuk mengaduk-aduk tumpukan rumput laut yang tebal untuk mendapatkan amber. Kalau beruntung kita bisa mendapatkan amber yang besar! Tapi tak jarang kita pulang tanpa membawa hasil satupun. Sehingga tak heran, aku sering merasa beruntung sekali bisa menemukan amber tanpa harus bersusah payah membongkar-bongkar rumput laut yang baunya cukup menyengat itu :)

Seperti hari ini, tanpa sengaja mataku menerobok kilau amber yang cantik di antara pekatnya rumput laut. "I got one", teriakku girang. "So beautiful", ujar suamiku kala kuperlihatkan hasil temuanku itu dengan wajah iri karena dia belum berhasil menemukan satu pun :)

Sampai saat ini koleksi amber yang aku punya sudah cukup banyak. Semuanya aku satukan dalam wadah khusus dan belum ada rencana mau diapakan. Mungkin suatu saat akan kubuat sebagai perhiasan. Aku sering membuka wadah amberku itu hanya untuk mengagumi warna dan tekstur amber-amber yang aku punya. Warnanya beraneka ragam dari kuning terang hingga merah marun dan semuanya masih asli belum digosok.

Koleksi amber yang paling mahal yang pernah kulihat di internet adalah amber yang didalamnya terdapat fosil binatang seperti laba-laba, nyamuk, semut dan sebagainya. Mereka terperangkap dalam getah/resin pohon pinus dan ikut menjadi fosil selama jutaan tahun.

Foto dalam postinganku kali ini adalah amber yang aku temukan hari ini besarnya 1 x 0,5 cm, cukup besar untuk dijadikan mata cincin :)

No comments:

Post a Comment