Translate

Thursday, April 22, 2010

Geografi dan Populasi di Denmark

Lima juta penduduk
Populasi Denmark lebih kurang mencapai 5,4 juta jiwa penduduk. Delapan puluh lima persen hidup di perkotaan. Hampir 1,6 juta jiwa tinggal di ibu kota negara. Kopenhagen, dan daerah sekitarnya. Dengan populasi sekitar 300 ribu jiwa Aarhus menjadi kota kedua terbesar di Denmark. Bahasa Denmark (Danish) menjadi bahasa utama yang digunakan di seluruh negeri. Lebih kurang 270 ribu jiwa penduduk atau 5 persen dari jumlah total populasi adalah pendatang asing dari beragam negara terutama datang dari negara-negara Nordic lainnya, Eropa Tengah, Amerika Utara, Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika.

Negara Kepulauan
Denmark terdiri dari semenanjung Jutland dan 406 pulau. Dua pulau besar adalah Zealand dan Funen. Pulau-pulau lainnya kebanyakan hanyalah pulau-pulau kecil dengan jumlah penduduk sedikit.

Ibu kota negara Denmark adalah Kopenhagen yang berada di Pulau Zealand. Di Semenanjung Jutland kota yang terbesar adalah Aarhus, Aalborg dan Esbjerg. Odense adalah kota terbesar di Funen. Sebagian besar kota-kota di Denmark terletak di pinggir pantai. Denmark memiliki lebih kurang 7,300 kilometer garis pantai. Denmark tidak memiliki gunung, ketinggian dataran di Denmark paling tinggi hanya 173 meter di atas permukaan laut. Mayoritas lahan di Denmark adalah lahan pertanian.

Denmark memiliki jaringan jalan dan rel kereta. Transportasi umum seperti bis dan kereta api memudahkan para turis untuk menjelajahi negara ini sepanjang hari. Transportasi ferry tersedia menghubungkan dengan beberapa pulau. Jembatan besar menghubungkan Jutland-Funen-dan Zealand. Terdapat juga jembatan besar yang menghubungkan antara Kopenhagen Denmark dan Kota Malmo di Swedia.

Bagian dari Wilayah Nordik
Greenland dan Kepulauan Faroe adalah bagian dari Kerajaan Denmark namun mereka memiliki pemerintahan independen sendiri. Ini berarti penduduk kedua tempat itu adalah berkewarganegaraan Denmark yang memiliki hak pilih para wakil rakyat di Parlemen Denmark.

Denmark merupakan bagian dari wilayah Nordik. Lima negara Nordik antara lain: Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, Islandia, dan juga Greenland , Kepulauan Faroe dan Aaland. Denmark adalah anggota Uni Eropa.

Terjemahan dari: Citizen in Denmark Information to new citizens about Danish Society Halaman: 9

No comments:

Post a Comment