Translate

Tuesday, March 30, 2010

Roskilde, Kota Viking


Mengunjungi Denmark, rasanya kurang afdol kalau kita tidak menyempatkan diri mendatangi Roskilde sebuah kota yang banyak menyimpan sejarah perjalanan Bangsa Viking, leluhur orang-orang Denmark, Swedia dan Norwegia.

Hari ini kami mengunjungi Roskilde. Ini merupakan kunjunganku ke-3 ke Roskilde. Kunjungan pertama pada tahun 2005, saat itu kami mengunjungi Roskilde Dome Kirke, sebuah gereja kuno yang di dalamnya terdapat makam para raja dan ratu Denmark. Setelah puas melihat keindahan gereja tersebut, kami menyempatkan mengunjungi Museum Kapal Viking yang menyimpan sisa-sisa temuan kapal Viking yang ditemukan di perairan sekitar Roskilde dan replika kapal Viking yang dimuat semirip mungkin dengan aslinya.

Kunjungan ke-2 ku pada tahun 2007, saat itu kami hendak membeli sebuah kayak di salah satu toko perangkat olahraga alam yang berada di kota itu. Ketika dalam perjalanan pulang, aku bilang ke suami: "Kapan-kapan ke sini lagi ya biar Bintang (yang saat itu masih berusia 3 bulan) bisa melihat koleksi kapal kuno Viking".

Niat itupun terwujud hari ini, dan betul seperti dugaanku, Bintang sangat senang sekali dapat melihat langsung kapal-kapal Viking kuno yang berada di museum tersebut. Celoteh kagumnya tidak berhenti keluar dari mulut mungilnya, seperti: "Wow ...", "It's big", "I want to see it again", sampai " I dont want to go home!"

5 comments:

  1. mba, kira2 kalo dipassportnya ga ada visa DK nya gimana ya? pacar ku orang danish juga kebanyakan dia yang ke indo, untuk ke tahap yang serius dia ngundang aku ke negaranya. pls hhelp donk :-) tahanks

    ReplyDelete
  2. maksudnya ga ada visa DK nya gimana ya? Kalau kita mau datang sebagai turis ke DK kita wajib memiliki visa schengen. Coba aja kontak kedutaan besar Denmark di Jakarta, ngurus visanya minimal 1 bulan sebelum berangkat ya ...

    ReplyDelete
  3. maksud saya, belom pernah travel ke DK, baru ke Korea aja (visa yang ada di passport aku) kira2 chancenya untuk di approve berapa %? :-)saya datang ke DK visit pacar taapi tetep disuruh apply touris visa kali ya, mba? pasti lah apply visa schengen kalo mau ke DK :-)

    ReplyDelete
  4. memang hsrus apply visa sebagai turis, maksimum stay bisa sampai 3 bulan. Pacar kamu sebagai pihak pengundang dari DK. Untuk jelasnya kontak kedubes Denmark di Jakarta. Chance-nya tergantung kelengkapan dokumen persyaratan, ga susah kok, asal semuanya lengkap pasti di acc.

    ReplyDelete
  5. hai ,mbak met kenal namaku murni,aku mau tanya visa apakah yg mbak apply waktu mau berangkat kedenmark? brp lama tunggu proses ke temporary resident permit didenmark?syaratnya?krn aku rencana mau pindah kedenmark sama suami,org denmark.thanks

    ReplyDelete