Translate

Saturday, February 6, 2010

Pulang ke Denmark (kali ini bukan dalam rangka liburan)!

Tidak terasa sudah lebih kurang 6 tahun 9 bulan suami saya Lars Møller menetap bekerja di Indonesia. Kami berkenalan pada bulan Mei 2003 di Jakarta, menjalin hubungan serius pada awal 2004, dan berujung dengan pernikahan pada bulan Nopember 2005 di Surabaya.

Saya berkunjung ke Denmark pertamakali sekitar pertengahan Juli 2005, saat itu dia hendak mengenalkan saya sebagai ‘calon istri’ kepada keluarga besar di Denmark. Suami adalah anak paling kecil dari empat bersaudara. Semua kakak-kakaknya dan ibunya tinggal di Denmark. Keluarganya menerima saya dengan sangat terbuka dan penuh kehangatan. Walaupun saya sempat sangat canggung, tapi semuanya cepat teratasi dengan kehangatan ala keluarga Denmark yang apa adanya tanpa basa basi :)

Tidak terasa dengan berjalannya waktu, di paspor saya sudah tertempel 8 buah visa kunjungan ke Denmark yang durasinya beragam dari 30 hari hingga 90 hari, single entry hingga multiple entry. Visa ke-1 hingga visa ke-7 lebih bersifat ‘liburan’ sedangkan visa ke-8 adalah visa multiple entry 90 hari yang akan saya gunakan sebagai awal mengajukan ijin tinggal sementara (temporary resident permit) yang berlaku dua tahun. Ya, kami sekeluarga akan pindah ke Denmark pada 28 Pebruari 2010 karena masa kontrak kerja suami di Indonesia telah selesai, dan kami memutuskan untuk menetap dulu di sana untuk memberikan kesempatan pada anak kami Bintang Gustav Møller yang lahir di Jakarta, 7 April 2007 (dan juga saya) untuk dapat mempelajari secara mendalam budaya dan bahasa Denmark secara langsung.

Untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Denmark untuk tujuan wisata, bisnis, meneruskan studi, bekerja, dan sebagainya dapat mengajukan visa atau ijin tinggal melalui Kedutaan Besar Denmark di Indonesia

4 comments:

  1. Waduh.. kudu kerja keras mengumpulkan pundi-pundi Kroner dulu buat ke sana nich.. hehehe ^^ Tapi really, if i could turn back time... i wish i never return from London... hiks... :((

    ReplyDelete
  2. Pundi2 rupiah boleh juga kok tapi nolnya jadi harus lebih panjang hehehe

    ReplyDelete
  3. m'bak, mohon bimbingannya dalam memperoleh visa kerja ke denmark sebagai internship.

    ReplyDelete
  4. Mau kerja di denmark as creative writer nih. Ada info di field apa yah? Syaratnya apa aja nih? Ada info gak di tiap lowongannya?

    ReplyDelete