Translate

Monday, February 8, 2010

Pendidikan Tinggi di Denmark


Penulis: Iulia Kolesnicov

Apakah Anda berniat pindah ke Denmark dan melanjutkan pendidikan? Terdapat beragam pilihan jenis pendidikan di Denmark dari jenjang Diploma hingga S3, dan sekitar 130 program mulai dari jenjang S2 hingga S3 menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Sistem pendidikan tinggi setingkat Diploma dan S1 di Denmark terbagi ke dalam tiga kategori. Jadi jika Anda masuk dari jenjang ini, maka Anda dapat memilih Universitas, Kursus/Sekolah Kejuruan, atau Akademi.

Beberapa universitas menawarkan program berbasiskan penelitian yang dimulai dari jenjang S1 dan lanjut ke jenjang S2 dan S3. Program-program tersebut terdapat di University of Copenhagen, Aarhus University, University of Southern Denmark , Aalborg University dan beberapa lainnya. Dalam kategori ini terdapat juga institusi setingkat universitas yaitu Aarhus School of Architecture, Royal Danish Academy of Fine Arts, School of Visual Arts dan sebagainya.

Beberapa kursus menawarkan beberapa program seperti: pelatihan guru, teknik, keperawatan, kewirausahaan, dan pekerja sosial. Program-program tersebut memakan 3-4,5 tahun masa perkuliahan dan bersifat non gelar. Institusi kursus ini juga disebut Sekolah Kejuruan atau Professionshøjskoler. Adapun untuk Akademi (Erhversakademier) menawarkan 2 – 2,5 tahun program perkuliahan dan dapat dilanjutkan ke program S1 di universitas yang sama atau universitas lain yang menjalin kerjasama.

Setiap institusi pendidikan memiliki aturan atau prosedur masuk yang berbeda-beda, karena itu penting untuk mengecek secara langsung dengan lembaga pendidikan yang hendak kita ikuti. Untuk program S1 persyaratan dasarnya adalah Anda memiliki ijasah dan transkrip nilai akademik yang setara dengan kualifikasi sistem pendidikan tinggi di Denmark. Informasi lebih lanjut tentang hal ini dapat Anda cek langsung dengan universitas yang Anda minati. Untuk Program S2 Anda wajib memiliki gelar S1 yang diakui secara standar internasional, begitu pula untuk Program S3 Anda harus memiliki gelar S2 yang diakui secara internasional (atau sesuai standar di Denmark yaitu memenuhi maksimum 2 tahun masa perkuliahan). Anda kemungkinan besar akan diminta untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris atau Denmark. Informasi lengkap tentang dokumen-dokumen yang diakui dan prosedur penerimaan dapat dilihat di Cirius.

Hal lainnya yang harus mendapat perhatian adalah mengenai biaya perkuliahan, biasanya untuk para mahasiswa yang berasal dari Uni Eropa dan mengikuti program pertukaran, biaya perkuliahan akan diberikan secara gratis; dan untuk mahasiswa di luar itu biaya perkuliahan berkisar antara 6000 – 16.000 Euro (lebih kurang Rp 90 juta – Rp 240 juta). Namun jangan kuatir, Anda dapat mengajukan beasiswa atau permintaan dukungan dana dari Pemerintah Denmark melalui universitas tempat Anda mendaftar.

Kementerian Pendidikan Nasional Denmark telah meluncurkan program beasiswa baru bagi para calon mahasiswa dari negara-negara di luar Uni Eropa khususnya untuk jenjang Akademi dan Kursus/ Sekolah Kejuruan. Anda juga memiliki peluang untuk mengajukan bantuan Erasmus Mundus untuk mengambil program S2 yang ditawarkan oleh institusi pendidikan di Denmark bekerjasama dengan beberapa institusi Eropa lainnya. Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat Anda lihat Erasmus Mundus scholarships sedangkan untuk program beasiswa dan dukungan dana yang ditawarkan oleh Pemerintah Denmark dapat dilihat di Cirius.

Program bantuan dana juga tersedia di Denmark bagi beberapa mahasiswa pendatang. Anda dapat mengecek apakah Anda memenuhi kualifikasi bantuan tersebut di SU. Para mahasiswa yang berhak mendapatkan SU juga akan mendapatkan fasilitas pinjaman dengan bunga rendah. Anda dapat mengecak tentang jumlah dana bantuan pada tahun 2009 di Grants and Loans amount.

Dua jenis program bantuan lainnya adalah SUV dan VEU. SUV berlaku untuk pendidikan tingkat dasar, sekolah menengah atau universitas, sedangkan VEU adalah jenis program bantuan untuk pendidikan kaum dewasa yaitu tingkat pendidikan wirausaha. Anda dapat menemukan informasi lengkapnya dalam Bahasa Inggris di UVM

Kehidupan kemahasiswaan di Denmark sungguh-sungguh menyenangkan, dimulai dari suasana di asrama hingga pesta-pesta di klub. Anda tidak perlu kuatir kesasar di hari pertama Anda di sana, karena biasanya di setiap lembaga pendidikan tinggi di Denmark memiliki “Buddy Program”. Jadi seorang mahasiswa yang lebih senior akan bertindak sebagai pendamping dan membantu kebutuhan seorang mahasiwa yang baru datang. Program penerimaan mahasiswa baru menggunakan budaya dan bahasa Denmark sehingga para mahasiwa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan suasana kampus di Denmark.

Jika ternyata program pendidikan tinggi bukan menjadi pilihan Anda, Anda dapat memilih kelas-kelas khusus di sekolah menengah negeri. Kelas-kelas itu sejenis kursus non-formal yang menawarkan beragam pilihan kelas seperti kelas matematika, biologi, menari, kerajinan, dan yoga. Untuk kelas-kelas seperti ini Anda tidak perlu lulus ujian masuk.

Informasi lengkap tentang lembaga pendidikan, kursus, beasiswa, dan bantuan dana dapat Anda lihat dalam daftar di bawah ini. Informasi tentang kehidupan kemahasiswaan, biaya dan program perkuliahan, beasiswa dan program bantuan dapat Anda temukan di Study in Denmark dan juga link di bawah ini:

List of universities in Denmark
Technical education and colleges
Adult education classes
Student discount on public transportation

Grants and scholarships:
Foreign students
Students from Latin america
Students from Asia
Students from African, Caribbean and Pacific Group of States (ACP) and to the 15 EU Member States
Danes and foreign students for studies in Europe
Other grants for students from EU
Other grants for students from non EU countries

Programs in English
List of courses and degrees taught in English

1 comment:

  1. Terimakasih informasinya, untuk mendapatkan LoA di universitas copenhagen bagaimana ya?

    ReplyDelete