Translate

Wednesday, February 15, 2012

Kebiasaan aneh orang Indonesia

Banyak orang Danish yang masih sering terheran-heran dengan kebiasaan orang Asia atau Indonesia yang tinggal di sini. Kebanyakan mereka adalah suami atau istri dan keluarganya yang bersaudara dengan orang Indonesia yang kebetulan masuk sebagai anggota keluarga mereka.

Kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia yang mereka anggap ga lazim atau aneh misalnya:

Makan pakai tangan, dan kadang lupa cuci tangan ihhh....

Kalau udah ketemu orang Indonesia lainnya, cepat banget langsung nyambung ngobrol sampai lupa segala-galanya, padahal baru ketemu atau cuma kenal via Facebook.

Kebiasaan saling berkunjung dan makan bersama, walau yang berkumpul itu bukan teman-teman dekat banget, yang penting sama-sama orang Indonesia :)

Suka bergunjing (ini dia nih yang suamiku paling cerewet ke aku). Kalau dia melihat aku sudah terlibat jauh dengan arena pergunjingan, biasanya dia akan bilang ¨jangan ikutan, itu kan bukan urusan kamu, ga ada gunanya ikut-ikutan¨.

Kalau lagi ngomong, suka berebutan ngomong, ga mau mendengar karena senangnya ngomong dan didengar. Ini subyektivitas suami ku ya hehehe (secara dia suka ga sengaja ikutan memperhatikan kalau istri dan teman-temannya pada ngumpul).

Saling pamer harta kekayaan atau hal-hal lainnya yang ga penting, kalau ini kayanya bukan kebiasaan orang Indonesia saja sih, tapi memang kita punya kecenderungan lebih besar bertingkah seperti ini daripada orang Danish nya sendiri.

Takut sama sinar matahari karena takut jadi hitam. Karena kebanyakan orang Danish sendiri benci sama warna kulit mereka yang pucat. Makanya kalau ke Indonesia mereka betul-betul balas dendam menghitamkan kulit mereka :D di bawah sinar matahari.

Nah, ada yang mau nambahin ga, kira-kira kebiasaan orang Indonesia yang dianggap ga lazim sama orang sini?

5 comments:

  1. sarapan /makan pagi pake nasi dan masakan hangat. Suka dikatain ama suami dan keluarganya. Sarapanku terlalu berat menurut mereka. :-P

    ReplyDelete
  2. This is an interesting blog for me. What an information.

    Based on my personal opinion

    1. When indonesia stroll on the street, we walk in the same direct/way wit the car. Based on their law, we sud walk different way/direction wit the car/traffic.

    2. Being late. Its a big sin

    3. Give our hand bcz of waiting for them to give the money change. (its rude they said)

    4. Put the money not in polite way. (melempar uang di meja) Because they have their queen face on that money :)

    Boleh saya bertanya dmana saya dapat belajar bahasa danish di jakarta?

    Atau ada kah komunitas indo-danish di jakarta, utk practice the danish language?

    ReplyDelete
  3. Disobey the rule and doesn't respect the privacy.

    ReplyDelete
  4. Kalau udah ketemu orang Indonesia lainnya, cepat "banget langsung nyambung ngobrol sampai lupa segala-galanya, padahal baru ketemu atau cuma kenal via Facebook."
    poin diatas bener banget mba^^, walau kenal cmn di sosmed kalo sdh sm2 indo langsung nyambung :) salam kenal mba :D

    ReplyDelete
  5. Orang kita ngga disiplin,selalu melanggar aturan ini yg paling penting kenapa nggak bisa maju

    ReplyDelete